Konsultasi Lamaran Kerja

MELAMAR KERJA SEBAGAI SALESMAN

1.CARA MENJUAL PRODUK

     Berdasarkan cara menjual produk salesman dibagi menjadi 4 kelompok:

1. Salesman Direct Selling

        Yaitu salesman yang membawa produk langsung ditawarkan ke pemakai (user), biasanya mereka berjalan kaki dari rumah ke rumah (door to door). Produk yang dijual umumnya produk kebutuhan sehari-hari (consumer good). Perlu diketahui juga biasanya produk yang ditawarkan dari kelas 2, atau merek tidak terkenal atau bahkan merek tembakan dengan desain dan logo mirip merek yang ditembak.

          Salesman jenis ini biasanya tidak mendapatkan gaji, tetapi hanya sekedar uang transport dan komisi. Mereka akan mendapatkan uang (komisi) jika berhasil menjual produknya, besarnya komisi bervariasi tergantung harga produk dan tingkat kesulitan dalam penjualan. Fasilitas yang diperoleh para salesman jenis ini juga sangat minim.

2. Salesman Motoris

        Salesman jenis ini membawa produk dengan menggunakan tas pengangkut barang atau rak dan sejenisnya yang diletakkan pada sepeda motor. Target konsumennya adalah toko-toko kecil jenis retail, seperti bidak-bidak PKL, toko pinggir kampung, masuk gang dll.

         Produk yang dijual biasanya consumer good dari perusahaan yang sudah mempunyai nama dan asli bukan merek tembakan. Salesman ini biasanya sudah mendapatkan gaji pokok, uang transport, uang makan dan bonus jika mencapai target penjualan.

3. Salesman Kanvas

          Salesman jenis ini membawa produk langsung menggunakan mobil box. Sasaran konsumennya adalah toko-toko (outlet) yang kelasnya lebih besar daripada outlet motoris atau toko kelas menengah, bahkan terkadang ada juga toko besar (grosir) serta minimarket.

           Produk yang di jual merupakan produk consumer good yang cukup terkenal. Salesman jenis ini sudah mendapatkan gaji pokok,tunjangan normatif lain seperti jaminan kesehatan untuk dirinya beserta keluarga, serta mendapatkan bonus jika mencapai target penjualan. Besar gaji dan tunjangan lebih besar daripada salesman motoris.

4. Salesman Take Order

          Salesman ini tidak membawa barang (produk) secara langsung. Sistem kerjanya dengan mengunjungi konsumen (toko), menawarkan produk, mencatat kebutuhan konsumen (cara seperti ini dinamakan take order) , kemudian menyerahkan catatan hasil orderan ke bagian administrasi kantor perusahaannya untuk kemudian ditindak lanjuti dengan penngiriman produk ke outlet oleh bagian pengiriman (delivery order).

          Type toko yang menjadi pelanggannya biasanya kelas menengah ke atas, seperti minimarket, grosir dan supermarket, meskipun kadang ada juga outlet retail. Salesman ini mendapatkan fasilitas sama dengan salesman kanvas, tetapi biasanya gaji dan tunjangannya lebih tinggi kareana omzet yang dihasilkan juga lebih tinggi.

2. PERUSAHAAN YANG MENGGAJI SALESMAN

Berdasarkan perusahaan yang mengaji, salesman dibagi menjadi dua ;

1. PERUSAHAAN PRINCIPLE

          Perusahaan principle adalah perusahaan pemilik merk yang dijual oleh salesman Contoh: PT Cussons (produk baby dan konsumer), PT. Nestle (produk susu dengan merk Dancow), PT. Unilever(produsen rinso,sunsilk dsb) , P&G (shampo pantene), Wing (Daia, mie sedap dsb) dll.

          Salesman yang bekerja pada perusahaan ini disebut salesman principle. Fasilitas yang diperoleh cukup bagus, gaji dan insentif biasanya diatas Upah Minimum Propinsi (UMP), jamsostek, kendaraan inventaris, jenjang karir yang jelas dsb. Salesman principle biasanya kanvas dan take order.

2. PERUSAHAAN DISTRIBUTOR

          Perusahaan distributor adalah perusahaan penyalur resmi dari produk yang dihasilkan oleh perusahaan principle. Salesmannya disebut sales distributor. Tugas dan tanggung jawabnya sama dengan saleman principle. Besar kecilnya gaji dan fasilitas yang diperoleh tergantung kapasitas dari perusahaan yang bersangkutan. Ada yang lebih bagus, sama ataupun lebih rendah dibandingkan dengan perusahaan principle.

 Kesimpulan

Dapat di tarik kesimpulan dari gambaran singkat tentang lowongan pekerjaan untuk posisi salesman. Selesman adalah sebuah profesi dimana seseorang yang kerjanya berkeliling ke rumah-rumah, sok ramah tamah dan berniat menjual produknya ke konsumen dengan cara menghasut konsumen agar tertarik dan membeli produknya. Setelah anda memahami, kami harap anda tidak usah ragu dan malu untuk melamar kerja sebagai salesman dan jangan salah dalam memilih perusahaan. 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s