Pandangan salah tentang hypnosis

  • Hipnosis menggunakan Kuasa Gelap.

Hipnosis adalah seni komunikasi antara operator hipnosis dan subjek hypnosis. Kemampuan hipnosis ini dimanfaatkan untuk membawa subjek masuk ke kondisi alam bawah sadar. Sama sekali tidak ada unsur kekuatan magis atau mistik yang terlibat. Hipnosis/hipnoterapi adalah salah satu cabang ilmu psikologi yang dapat di pelajadi di falkultas psikologi S2.

  • Hipnosis adalah bentuk penguasaan pikiran.

Banyak orang yang tertipu saat menyaksikan tayangan di televisi. Tidak benar kita bisa menghipnosis dan menguasai pikiran seseorang. Yang benar adalah subjek, walaupun telak masuk ke dalam kondisi hypnosis/trance yang dalam, masih tetap sadar sesadar-sadarnya dan dapat mengendalikan diri sepenuhnya. Semua bentuk hipnosis adalah self-hypnosis.

  • Hipnosis sama dengan tidur.

Pandangan ini muncul karena subjek yang dihipnosis menutup mata dan rileks, tampak seperti orang tidur. Kondisi trance, bila dilihat dari pola gelombang otak, berbeda dengan kondisi tidur. Perbedaan utamanya adalah kondisi tidur dan kondisi hipnosis adalah saat tidut kita tidak sadar akan keadaan sekeliling kita. Sedangkan pada saat trance pikiran kita justru sangat sadar dan fokus.

  • Hipnosis sama dengan Brainwashing.

Hipnosis tidak bisa digunakan untuk melakukan brainwashing. Saat seseorang berada dalam kondisi profound somnambulism, kondisi hipnosis yang sangat dalam, walaupun saat itu critical factor dari pikiran sadarnya sudah tidak bekerja, tuhan memberikan proteksi yang dipasang dipikiran bawah sadar. Ada 4 filter mental pikiran bawah sadar yang selalu aktif melindungi diri kita. Filter mental ini adalah filter keselamatan hidup, filter moral/agama, filter benar/salah, dan filter masuk akal/tidak.

  • Hipnosis dapat digunakan untuk mengubah kepribadian.

Penelitian yang dilakukan oleh para pakar hipnosis menunjukkan bahwa hipnosis dapat membantu memulihkan suatu kondisi mental namun tidak bisa digunakan untuk memprogram pikiran dan mengubah kepribadian subjek.

  • Hipnosis mengakibatkan lupa ingatan.

Justru saat subjek berada dalam kondisi terhipnosis atau trance, subjek mengalami peningkatan kemampuan mengingat yang luar biasa. Dave Elman, pakar dan tokoh penting hipnoterapi modern, mengatakan, kemampuan mengingatnya meningkat hingga 2.000%.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s