Memahami Sugesti

Sugesti berasal dari kata suggest atau menyarankan. Sugesti dalam dunia hypnosis/hipnoterapi adalah informasi yang disampaikan oleh seseorang, dalam hal ini hipnoterapis, kepada orang lain, klien, dengan tujuan merayu, membujuk, meminta dan mengarahkan pikiran bawah sadar klien melakukan hal-hal tertentu demi kebaikan dan kemajuan hidup klien.

 

Sugesti yang kuat adalah sugesti yang dilakukan melalui proses sensualisasi yaitu pengalaman yang tidak hanya meliputi aspek visual namun juga pada aspek auditori, olfaktori, gustatory, dan kinestetik,. Sugesti dalam bentuk sensualisasi ini sangat kuat pengaruhnya dibandingkan bila dilakukan hanya dengan menggunakan komponen visual atau gambar mental.

 

Efektivitas sugesti juga sangat dipengaruhi oleh tingkat keyakinan, pengharapan dan kepasrahan klien dan juga terapis terhadap hasil yang akan dicapai melalui sugesti yang diberikan. Pada anak-anak efektivitas sugesti sangat ditentukan oleh siapa yang memberikan sugesti, intensitas emosi saat sugesti diberikan, dan pengulangan atau repetisi.

 

Memberikan sugesti pada anak, sama seperti yang bisa dilakukan pada orang dewasa, bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama, dengan membacakan skip yang telah disusun secara khusus untuk membantu skip yang telah diubah. Kedua , dengan meminta anak mensensualisasikan perilaku baru yang akan dilakukan anak : anak membanyangkan, mendengarkan, merasakan, dan mengalami dirinya benar-benar telah melakukan perilaku baru tersebut.

 

Sugesti untuk anak tidak boleh menggunakan kata yang terlalu singkat sehingga anak tidak mengerti apa yang diinginkan orangtuanya. Gunakan kata atau kalimat yang jelas dan bersifat langsung. Jangan menggunakan kata kiasan, metafora, atau sindiran. Sugesti harus menggunakan kata-kata yang positif agar anak dapat mengurangi perilaku yang negative dari diri anak.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s